Senin, 23 Februari 2015

Naskah XII IPS 2



Hari senin, 30 februari 2015
pagi itu seeorang siswi yang bisa datang kesekolah lebih awal memasuki kelas, ia bernama Yoana.
Yoana : selalu seperti ini sendirian dikelas saat pagi hari
10 menit kemudian datang segerombol siswi dengan heboh, mereka adalah grup “chilli’s” yang terdiri dari empat orang siswi. Risya, Risca, Virna, dan Fani.
Risya      : Assalamualikum guys (masuk kelas sambil bercermin)
Risca      : Hallo guys, sekarang aku datang lebih pagi (merapihkan jilbabnya)
Virna     : Liptint aku mana? (mengoreh tasnya)
Fani        : Guys kaca mana kaca?
Mreka berempat sibuk sendiri, dan Yoanapun sibuk dengan laptopnya.Tak lama kemudian datang tiga orang siswi dengan tenang, yaitu feliany, Fadhilah, dan Ghisela.
Fadhilah               : Hai, kamu tugas pkn udah?
Ghisela                 : Oh iya aku belum mengerjakan tugas. (panic)
Feliany                  : Udah nih, mau llihat? (mengeluarkan buku catatan pkn)
Suasana menjadi sedikit gaduh setelah Feliany mengeluarkan buku catatan.Grup “chilli’s” menghampiri bangku Feliany ingin mmencontek tugas pkn.
Virna     : Fel aku mau nyontek dong
Fani        : Aku juga
Risya      : Feli, kamu baik deh aku mau nyontek bollehkan?
Risca      : Kalian semua bisanya cuma nyontek, liat dong aku udah ngerjain.
Virna     : mana yang udah selsai ngerjain tugas sini tugasnya coba
Risca      : Enak aja. Mikir dong!
Terdengar suara seorang laki-laki sedang bernyanyi dari pintu kelas.Ia adalah Bambang. Ia berjalan dengan gaya so cool.
Bambang             : Bro bro ada apa ini kepo saya?
Seketika kelas menjadi sunyi.Kerumunan siswi di bangku Feli hanya melirik dan kembali menggaduhkan kelas.
Bambang             : Cuekin aja terus (pergi meninggalkan kerumunan)
Bambang kembali bernyanyi dan duduk dibangkunya.Ia duduk dan memainkan ponselnya. Saat Bambang memainkan ponselnya datang sekelompok siswi bertubuh kecil dengan satu suara tawa yang sedikit melengking.Mereka adalah Nurul, Irene, Dinan, dan Corry.Dinan berlari dan menyimpan tasnya di salah satu bangku sebelah barisan Feli.
Nurul     : Aku duduk disini
Irene     : Aku sama Dinan ya duduknya (berlari menghampiri bangku Dinan)
Dinan    : Irene, aku yang duduk ssama nurul! Kamu sama Corry (menaruh tas di bangku yang Irene taruh tas)
Corry     : Aku duduk sama siapa aja deh bebas
Irene     : Ah, Corry pasti aja kaya gitu
Nurul menyimpan tasnya lalu mengeluarkan sebuah buku dari dalam tasnya. Nurulpun menghammpiri Feli yang sedang dikeerumuni grup “Chilli’s”
Nurul     : Feli aku pengen nyamain tugas dong (berteriak lalu mengambil buku yang sedang diconttek oleh siswi llainnya)
Virna     : Ih kamu datang datang main ambil buku yang lagi kita contek, parah banget!
Nurul     : Biarin aja, terserah aku
Fani        : Udah ih dari pada berantem kita nyontek bareng aja
Nurul     : Aku bukan mau nyontek, aku cuma mau nyamain jawaban.
Kelas menjadi semakin gaduh saat nurul dan teman temannya datang. Dalam kegaduhan kelas samar samar terdengar suara petikan gitar. Segerombol siswa datang membawa gitar.Mereka adalah Rivaldy, Aditya, Ryan, Fatah, dan Henry.
Aditya   : Assalamualaikum
Rivaldy  : Lagi apa kalian Chilli’s
Risya      : Kerjain tugas pkn
Henry    : Eh aku belum pkn
Fatah     : Kamu nyontek sana bur, tar kalau udah aku mau lihat
Ryan      : Tenang aja, nanti juga pasti dapet contekan
Aditya dan teman temannyapun duduk di baku yang ada di sudut kelas. Rivaldy memainkan gitarnya, Henry dan Aditya bernyanyi.Fatah tidur dan Ryan memakan bekalnya.Trio Bandrospun datang, Trio Bandros adalah Gana, Tio, dan Zaenal.
Gana     : Ul kamu ngerjain apa?
Nurul     : Tugas pkn Gan
Gana     : Ul pengen nyontek dong, saya belum ngerjain satupun
Nurulpu memberikan buku catatannya pada Gana.
Tio          : Kamu ngerjain apa Gan? So rajin banget nyatet.
Gana     : Ini tugas, bukan so soan rajin. Cepet kerjain
Zaenal   : Saya liat, saya juga belum
Tio          : Ayo kerjain bareng bareng
Trio Bandrospun mengerjakan tugas pkn.Saat itu ketua kelas datang.Dia adalah Wildan.
Wildan  : Selamat pagi semuanya
Wildanpun duduk di bangku paling belakang, dan langsung tidur.
“Aduh aku seneng banget”
Suara cempreng seorang siswi membangunkan Wildan yang baru saja menyandarkan kepalanya di atas meja. Reflex Wildan mencari sumber suara dan ternyata ituu adalah Rinta. Rinta berjalan sambil terus berbicara sendiri dan bertepuk tangan.
Rinta      : Aku seneng banget
Rinta menaruh tasnya dibangku yang berada didepan kelas.Setelah menaruh tasnya, Rintapun menghampiri meja Yoana dengan raut senang.Yoana yang melihat Rinta berdiri disamping bangkunya sembari tersenyum bahagia merasa bingung.
Yoana    : Rinta kamu nyari siapa?
Rinta      : Engga, aku ga nyari siapa siapa
Yoana    : Oh gitu
Rinta      : Yo, aku seneng banget loh
Rintapun bercerita pada Yoana.Tiba-tiba seorang siswa datang dan heboh sendiri.Dia adalah Sukirman.
Sukirman             : Aku duduk dimana? Kalian ngerjain apa? Jangan cuekin aku please
Tak satupun murid yang memperdulikan Sukirman.
Sukirman             : Yaudah aku duduk disini aja deh (menyimpan tas dibangku Zaenal)
Sukirman             : Aku mau ngecharge dulu ah
Datang seorang siswa dengan tenang, dia langsung duduk didepan bangku Bambang.Dia adalah Andri.Bambang mencolek bahu Andri.
Bambang             : Kamu udah tugas belum?
Andri     : Tugas apa? (melepas earphone)
Bambang             : Tugas pkn, cepet kerjain nanti keburu bel masuk
Andripun mencontek tugas milik Bambang.
BRUAK! Terdengar suara keras dari pintu kelas.Seorang siswa datang menendang pintu kelas.Dia adalah Faisal.
Faisal     : Saya bawa roti hai, siapa yang mau sini
BRUGK. Sebuah tas mendarat dibangku depan pintu kelas. Aji melempar tasnya dari luar kelas dan langsung membuat kerusuhan didalam kelas.
Aji           : Awas Yo, saya duduk disitu (mengusir Tio)
“Ada apaan sih?”
Seorang siswa masuk ke kelas bingung.Dia adalah Ghifary.Ghifary menyimpan tasnya disamping bangku Andri.Ia menghampiri Virna yang duduk didepan bagkunya.
Ghifary : ngerjain apa? Liat dong (genit)
Tak lama datang dua orang siswi yang langsung duduk didepan bangku Nurul.Mereka langsung mengeluarkan sebuah kotak dari dalam tasnya.Mereka adalah Giasani dan Rosa.
Giasani : sarapan sarapan
Rosa      : guys sarapan dulu
Ketika Gia dan Rosa menawarkan makanannya, datang seorang siswi yang langsung menghampiri mereka.Dia adalah Indriyani.
Indri       : Aku mau dong, hehe
Suasana kelaspun semakin gaduh, murid murid sibuk dengan kesibukan grupnya sendiri.Datang sekelompok siswi, mereka adalah Novia, Mona, Tasya, dan Siti Yuniar.
Novia    : Podil aku mau cerita
Fadhilah               : nanti bot, kerjain tugas dulu
Novia    : Ok
Siti          : Aku belum tugas pkn
Ghisela : Cepet kerjain
KRING bel masukpun berbunyi. Siti, Novia, Tasya, dan Mona segera duduk dibangkunya.
Tasya     : Kamu udah tugas pkn? Pengen nyontek dong
Mona    : Tenang aja tar juga ada yang kasih contekan kok
Siti          : Ini kerjain sekarang
Pak Rahmat masuk ke dalam kelas untuk melakukan pembinaan.Dua orang siswi masuk kekelas di waktu yang bersamaan dengan Pak Rahmat masuk.Mereka adalah Maghfira dan Lidya.
Maghfira dan Lidya mengikuti Pak Rahmat sampai meja guru lalu mencium tangan Pak Rahmat.Setelah itu mereka langsung duduk dibangku mereka dibelakang bangku Rinta.
Maghfira              : Hampir aja kita telat lagi
Lidya      : Iya Fir, untung banget kita
Wildan mengkondisikan kelas, dan memandu kelas untuk mengucapkan salam pada Pak Rahmat.
Wildan  : Sikap, ucapkan salam
Semua murid     : Assaalamualaikum wr wb. Selamat pagi
Pak Rahmat        : Walaikumsalam. Siapa yang tidak masuk?
Pak Rahmatpun mengabsen seluruh murid dan memulai pembinaan.Sepuluh menit kemudian datanglah rombongongan ekekers. Mereka adalah Evita, Wibi, Reza dan Ikhsan
Pak Rahmat        : Heh kenapa baru datang jam segini heh?
Evita      : Maaf bapak kesiangan (mencium tangan pak rahmat)
Pak Rahmat        : Kamu kenapa?
Wibi                       : kesiangan Pak bangunnya
Ikhsan                   : tadi keretanya mogok Pak
Reza                      : Reza pak absen ke ..
Evita, Wibi, Ikhsan, dan Rezapun duduk kebangku mereka masing masing. Pak Rahmat melanjutkan pembinaan dalam kelas.
Pembinaanpun selsai dan guru mata pelajaran pertamapun masuk yaitu Bu Engkom guru pkn.
Bu Engkom         : Iya silahkan kumpulkan tugasnya sekarang
Murid muridpun mengumpulkan buku catatan mereka ke meja guru.
Bu Engkom         : Sambil kalian mengumpulkan tugas, Ibu akan mengabsen kalian
Baru saja ibu akan memanggil absen pertama, masuklah segerombol anak atlit. Mereka adalah Harry, Lena, There, Paksi, dan Mia.
Bu Engkom         : Kalian darimana jam segini baru datang?
Harry                     : Latihan pagi Bu
Paksi                      : Kita baru selsai latihan jam enam bu
Lena                      : Iya bu, saya juga sama kayak Paksi dan Harry
Bu Engkom         : Kalian bawa surat izin masuk tidak?
Mia                        : Kita bawa kok bu, ini suratnya
There                    : Kami diberi surat izin oleh Bu Lina
Bu Engkom         : Yasudah kalian silahkan duduk
Atlit                        : Terimakasih bu

...

Pelajaran Pknpun berlangsung, Bu Engkom memerintah murid murid untuk merangkum buku paket kemudian meninggalkan kelas karena ada kepentingan.
Bu Engkom         : Anak anak, ibu ada kepentingan. Kalian tolong rangkum buku paket halaman 155-160. Jangan ribut, nanti ibu kembali untuk mengambil tugas kalian
Murid                    : iya bu
Begitu Bu Engkom keluar, seketika kelas yang hening berubah menjadi gaduh.
Rivaldy                  : Dit Dit, kasih aku gitar
Aditya                   : Ini Pal, ayo kita bernyanyi
Henry                    : Ayo kita nyanyi lagu Dont Look
Rivaldy dan teman temannya langsung memainkan gitar dan bernyanyi.Grup chilli’s sibuk dengan cermin dan selfie.
Risca                      : guys ayo kita foto foto
Risya                      : tunggu tunggu aku ngaca dulu
Fani                        : aku juga mau ngaca, pinjem cerminnya dong
Virna                     : tunggu aku mau pake lipteen dulu
Risca                      : Ah kalian mah lama, ayo kita foto sekarang aku udah cantik nih
Grup chilli’spun asyik berfoto foto.Yoana langsung asyik dengan laptopnya.
Yoana                    : Kenapa sih pada berisik?
Indri                       : iya ih disini berisik, aku jadi pusing. Mending aku ke kantin aja
Yoana                    : Ih aku mau nitip dong
Lidya                      : Aku mau ikut ndri, ada yang mau nitip lagi ga?
Rosa                      : Aku mau nitip dong, beliin aku es milo
Sukirman             : Aku juga mau nitip
Indri dan Lidyapun pergi ke kantin.Trio Bandros ikut meninggalkan kelas.
Tio                          : Ayo ke kantin teman teman
Gana                     : ayo, pusing di dalam kelas. Mending kita makan
Zaenal                   : Betul sekali, kebetulan aku lagi lapar nih
Ketika Trio Bandros, Lidya, dan Indri meninggalkan kelas, kelas semakin gaduh.
Mia                        : Ssssttt kalian jangan berisik, kerjain tugasnya
Seketika kelas hening setelah Mia marah.
Fani                        : ayo kita ke uks aja guys
Chilli’s                   : Ayo
Grup chilli’spun pergi ke uks.Melihat banyak murid yang pergi meninggalkan kelas, Harry dan Paksi tergiur untuk ikut meninggalkan kelas.
Harry                     : Pele, aku ngantuk. Ayo kita ke masjid
Paksi                      : Ayo nih sama aku juga ngantuk, dikelas kaya gini badmood. Mendingan tidur
Harry                     : Yaudah ayo jangan banyak bicara
Wildan                  : Kalian mau kemana?
Harry&Paksi       : ke masjid, mau ikut ga?
Wildan                  : enggak ah, mending tidur dikelas aja
Harry&Paksi       : Yaudah kita duluan ya
Harry dan Paksipun pergi ke masjid untuk tidur. Dan Wildan tidur dikelas.
Fadhilah               : Fel, aku udah selsai nih. Kumpulin kemana?
Feli                         : Simpen dulu aja, nanti tunggu ibu dateng
Ghisela                 : Dol aku ada video korea baru, mau lihat ga?
Fadhilah               : mana?
Mia                        : Aku juga mau lihat dong
Ghisela                 : Sini gabung
Fadhilah, Mia, dan Giselpun menonton video korea bersama.



-KANTIN-
Sementara murid murid dikelas sibuk sendiri, Lidya dan Indri sibuk membeli makanan pesanan anak anak kelas.
Lidya                      : Ibu, aku mau tempe empat. Ini uangnya bu (mengambil tempe)
Indri                       : Aku duluan ih kamu, nyerobot aja kamu Lid, enak banget.
Lidya                      : Maaf maaf aku gatau, aku kan lapeeerrrrr jadi aku nyerobot
Datanglah Trio Bandros.
Tio                          : Bu indomie gorengnya satu pake nasi jangan pake sambel
Zaenal                   : Saya nasi telor satu bu
Gana                     : Budes saya beli moring empat
Bu Desi                 : Siap Gana
Trio Bandrospun duduk dibangku kantin.Mereka bertiga berbincang bincang sambil menunggu makanan yang mereka pesan.
Indri                       : Ayo ke kelas. Udahkan jajannya?
Lidya                      : Iya udah, ayo.
Indri dan Lidyapun meninggalkan kantin.
Lidya                      : Indri!! (berteriak)
Indri                       : Apa ih kamu alay teriak segala
Lidya                      : Aku lupa belum beliin es milo buat Oca
Lidya dan Indripun kembali ke kantin dengan terpaksa.
Lidya                      : Budes aku mau milo pake es satu
Bu Desi                 : Iya tunggu sebentar
Tio                          : Lid si ibu udah balik lagi ke kelas?
Lidya                      : Gak tau, kan aku sama kamu duluan aku yang ke kantin
Gana                     : Iya yo, kan kita ke kantin gara gara liat mereka ke kantin
Zaenal                   : iya gimana sih tio


-MASJID-
Harry dan Paksi melepas sepatu mereka dan menyimpannya di rak sepatu dekat perpustakaan. Mereka berduapun melewati perpustakaan dan memasuki masjid.Didalam masjid mereka langsung tidur.
Paksi                      : Bet, gak bakalan ada gurukan?
Harry                     : gak bakalanlah
Paksi                      : Kalau ada guru gimana?
Harry                     : Udah tidur aja gak usah banyak omong


-UKS-
Grup chilli’s memasuki UKS dengan alasan tidak enak badan.
Risya                      : Duh, akhirnya bisa tidur juga
Risca                      : Iya, pusing aku kalau dikelas. Mending disini bisa tiduran sambil main ponsel
Virna                     : Guys, selfie yuk
Fani                        : Jangan ih, nanti ada guru lewat terus ngeliat kita gimana? Nanti ketauan deh kalau kita bohong
Risya                      : Iya bener ih, udah jangan selfie
Virna                     : Yaudah deh
Fani                        : Bobo aja ya guys jangan berisik


-KELAS-
Wildanpun terbangun dari tidurnya, karena merasa kelas tidak gaduh.Ia fikir Bu Engkom sudah kembali ke kelas.
Wildan                  : Kenapa sepi gini?
Dilihatnya hampir sebagian murid tidur dibangkunya masing masing, dengan tatapan yang bingung dia pun kembali tidur.
Dengan keadaan kelas yang kacau, tiba tiba guru piket pun datang ke kelas dengan membawa selembar surat.
TOKTOKTOK!
“Assalamualaikum ... !!!”
Terdengar suara berat dari pintu kelas dan membuat murid murid terbangun.
Murid-murid      : Walaikum salam bapak
Dengan respon yang sangat telat siti menjawab perkataan bapak dengan nada yang aneh
Siti                          : Walaikum salam bapak GANTENG ..hehehe tumben kesini pak, mau nyamperin aku yaa
Tasya                     : Apa sih kamu siti, si bapa tu mau nyamperin aku tau ga !!!
Walaupun dengan berbagai tekanan batin yang diderita sang GURU piket ia terus melanjutkan pengumumanya di kelas.
Guru piket          : Anak-anak untuk pelajaran selanjutnya kalian belajar sendiri dahulu yaaa, ini ada tugas dari guru mata pelajaran hari ini.
Tugas itu pun diberikan ke feli selaku wakil ketua murid di kelas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar